Ada Orang Indonesia di Hollywood!!

Setelah membaca judul diatas, pasti yang ada di kepala teman-teman adalah gadis cantik bertubuh sexy atau lelaki yang maho macho dengan otot-otot seperti baja. Orang Indonesia di Hollywood bukanlah actor atau aktris yang cantik dan cakep, bukan juga figuran. melaikan seorang spesial Effect film-film hollywood yang masuk boxoffice seperti Iron Man. Transformer, Terminator Salvation dan Star Trek. siapakah dia???

Dialah Andre Surya. Pria kelahiran Jakarta 1 Oktober 1984 ini satu-satunya digital digital artist asal Indonesia di divisi Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore lhoo. Lucasfilm adalah sebuah perusahaan produksi film Amerika Serikat yang didirikan George.Lucas pada tahun 1971. Perusahaan itu sangat sukses dan menjadi sutradara film Star Wars.

Di dalam sebuah film, rata-rata ada lebih dari 70 orang digital artist, terutama bila film itu skala besar, seperti Iron Man 2. Andre bekerja dalam tim special effect.

Andre kecil mempunyai hobi main bola dan punya ketertarikan di bidang 3D.
Ketertarikannya dengan 3D membawanya kuliah di Universitas Tarumanegara (Untar), mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Andre dapat kesempatan untuk kerja di Polaris 3D, sebuah perusahaan advertising and architectural visualization di Jakarta.

Namun Andre memutuskan untuk terus bekerja dan tidak melanjutkan studinya di Untar. Dia kuliah di Untar hanya satu tahun, terus melanjutkan ke Kanada untuk mengambil diploma di bidang Film and Special Effects di Vanarts, sebuah sekolah film di Vancouver. Sebagian besar pengetahuan dan keterampilan 3D-nya justru dipelajarinya sendiri tanpa training dan sekolah. Andre sudah mulai mempelajari computer graphic sejak kelas 1 SMA karena keingin tahuannya tentang visual effect 3D di game balap mobil yang dia mainkan.

Andre tertarik bidang 3D karena hobi. Ia suka banget mengerjakan 3D dan memang ingin bekerja di industri film. Buat Andre ini adalah pekerjaan impiannya. Sewaktu masih kuliah, terkadang ia mengkhayal bagaimana rasanya mengerjakan visual effects untuk sebuah film besar dan melihat nama kita muncul di credit title film itu. Sekarang semuanya sudah benar-benar terwujud. Baginya, it’s simply a dream come true!

Andre paling suka lighting, dan merasa bahwa itulah keterampilan terbaik miliknya. Proyek feature film pertamanya adalah Iron Man. Film itu juga yang dianggap sebagai batu loncatannya. Di situ Andre mengerjakan bagian lighting saat Iron Man terbang pertama kali. Adapun film yang pernah dikerjakan dan paling berkesan adalah Transformers: Revenge of the Fallen, karena sebagian besar tugasnya di proyek itu adalah mengerjakan lighting. Film favoritnya saat ini adalah Avatar. Menurutnya, secara teknologi, film itu paling oke. Suatu hari nanti ia ingin bisa terlibat dalam proyeknya James Cameron.

ini dia salah satu karyanya yang mendapatkan penghargaan dari Best Artwork Awards di Indocg Showoff Book.

Luarr biasa sekali bukan? saya yakin kedepannya generasi Indonesia semakin maju bahkan kelak dapat menguasai dunia perfilman dunia. amin. jika kalian masih penasaran karya-karya anak bangsa yang hebat ini, klik aja http://www.as07.com atau email ke as07@hotmail.com

6 thoughts on “Ada Orang Indonesia di Hollywood!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s