Tenggelamnya Koperasi di Era Globalisasi

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

Kalimat di atas tentulah sangat akrab di telinga warga Indonesia. Sila terakhir Pancasila yang mendepankan keadilan sosial rupanya sedikit demi sedikit mulai terlupakan. Bagaimana tidak? Berbagai problematika timbul seputar isu bertemakan keadilan. Mulai dari keadilan di bidang pendidikan, hukum, hingga ekonomi. Masuknya beragam budaya luar di era globalisasi juga turut berpengaruh, mengontaminasi sendi-sendi dasar Pancasila melalui lembaga-lembaga sosial yang ada kini.

Bertahun-tahun silam, hampir semua elemen masyarakat mengapresiasi koperasi. Koperasi adalah badan usaha bersama yang didirikan atas asas kekeluargaan dan bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Koperasi yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah seakan telah menjadi bagian dari perekonomianIndonesia.  Mulai dari desa sampaikota, koperasi menjadi tumpuan bagi para produsen sekaligus distribusinya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat luas.

Singkatan-singkatan seperti KUD (Koperasi Unit Desa) dan KSP (Koperasi Simpan Pinjam) sangat mudah ditemui di sepanjang jalan pada masa pemerintahan orde baru. Namun sekarang, sudah jarang ditemui singkatan-singkatan di atas daripada minimarket berlabel waralaba, seperti Indomaret dan Alfamart.

Tidak hanya wujud konkret koperasi yang tertelan zaman modern, begitu pula dengan wujud abstrak. Nilai luhur kekeluargaan dan kesejahteraan bersama milik koperasi pun telah tergantikan. Meledaknya trend bisnis berbasis multi level marketing dan marketing online semakin mengubur koperasi yang kini tampak kuno dan tidak menarik lagi.

Di balik fenomena langkanya koperasi—meski dulu sempat mengalami masa keemasan—apa sebenarnya yang membuat masyarakat cenderung beralih ke budaya ekonomi liberal? Dan justru meninggalkan semangat kekeluargaan dan keadilan yang telah menjadi akar budaya bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s