Tahun 2012 Wajib Belajar 12 Tahun

Angka 12 memang sangat populer akhir-akhir ini. Dimulai dengan isu ramalan suku maya yang mengatakan hari kiamat akan terjadi di tanggal 12-12-2012. lalu adanya fenomena-fenomena alam yang memprediksi akan adanya kehancuran dahsyat pada tahun 2012.

namun bukan hari kiamat atau tentang ramalan suku maya yang ingin saya ceritakan, tapi tentang nasib anak bangsa kita pada tahun 2012, yaitu dirintisnya wajib belajar 12 tahun oleh pemerintah. Sebagai langkah awal pemerintah juga memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada siswa SMA/SMK dan MA.

Menurut menteri pendidikan M. Nuh, pendidika 12 tahun masih sulit dijangkau oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. hal itu terbukti dari partisipasi kasar (APK) pendidikan menengah tahun 2009/2010 yang baru mencapai 69,6 persen. oleh karena itu diwajibkannya sekolah 12 tahun namun ada dana BOS untuk siswa kurang mampu.

Anggaran dana pendidikan tahun 2012 memang ditingkatkan. Pada tahap rintisan ini, dana BOS yang diberikan pada 2012 sebesar Rp 200.000 per siswa. Saat ini ada sekitar sembilan juta siswa di jenjang pendidikan menengah sehingga dana yang dibutuhkan sekitar Rp 1,8 triliun.

Tidak hanya dana BOS, tapi pemerintah juga akan membangun sekolah-sekolah baru di setiap kecematan agar dapat menampung banyak siswa SMA. Diharapkan program wajib belajar 12 tahun ini meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s