Bakar Diri Sebagai Bentuk Kekecewaan Terhadap Pemerintah?

Saya sangat kaget ketika menonton acara brita di TV yaitu seorang mahasiswa memebakar dirinya di depan Istana Merdeka. Sungguh peristiwa langkah dan berani. namun, sayangnya korban yang bernama Sondang Hutagulung itu meninggal setelah 3 hari dirawat dirumah sakit karena luka bakar dalam. Kelurga pun sangat berduka dan menyesali tindakan Sondang tersebut. Mengapa Sondang sungguh berani membakar dirinya sendiri? apa yang melatar belakangi kerjadian tersebut? dan apakah ada kaitannya dengan pemerintah?

Tidak ada yang tau persis jawabannya, keluarga Sondang juga tidak mengetahuinnya, yang pasti Sondang adalah mahasiswa yang sering melakukan demo dan berorasi. peristiwa ini harusnya dijadikan evaluasi dan peringat keras bagi pemerintah, karena pastinya peristiwa tersebut membuat sorotan baik dalam negeri maupun luar negeri. Orang akan menilai Sondang membakar dirinya karena bentuk rasa kekecewaannya terhadap pemerintah.

oh ya melihat latar belakang agama Sondang sendiri saya jadi teringat sebuah film yang terdapat aksi bakar diri yaitu “Angles and Demons”. film ini menceritakan tentang konflik antara organisasi kuno, Illuminati, dengan Gereja Katolik Roma. Di akhir klimaks cerita, tokoh utama yaitu Camerlengo yang disebut-sebut sebagai “Malaikat dan Iblis” melakukan aksi bakar diri didalam gereja karena dia menganggap telah gagal menyelamatkan gereja dari ilmu pengetahuan. Hii .. merinding juga membayangkan bagaimana rasanya membakar diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s